5 Nutrisi Otak Anak Yang Penting Untuk Kecerdasan

Setiap orang tua pastinya menginginkan pertumbuhan pada buah hatinya bisa maksimal dengan tumbuh sehat dan cerdas. Sebagai cara untuk mewujudkannya bisa dilakukan dengan memberikan berbagai asupan makanan bernutrisi lengkap yang dibutuhkan anak.

Makanan bernutrisi yang diberikan pastikan juga yang bisa meningkatkan kecerdasannya sehingga bisa tumbuh dengan baik. Kecerdasan anak sendiri sejatinya terus berkembang mulai dari usia kandungan sehingga pemberian nutrisi otak anak penting diketahui.

Dalam masa perkembangan anak konsumsi makanan yang banyak mengandung nutrisi untuk anak penting diberikan, hal ini untuk membuat kecerdasannya terus berkembang.

nutrisi otak anak
nutrisi otak anak

Terlebih dengan aktivitas anak yang mulai aktif dan mengenali berbagai lingkungan yang baru baginya. Untuk asupan nutrisi otak anak sendiri bisa dilakukan dengan pemberian makanan yang mengandung nutrisi-nutrisi penting seperti lima hal berikut.

  1. Zat besi. Untuk pertumbuhan otak anak zat besi diperlukan karena memiliki berbagai fungsi yang utama, seperti sebagai asupan zat besi untuk sel darah merah yang mengangkut oksigen ke tubuh dan otak. Selain itu adanya zat besi juga berperan dalam meningkatkan fungsi otak. Berbagai jenis makanan yang bisa menjadi sumber zat besi juga banyak macamnya mulai dari nasi, biji-bijian, sereal, daging merah, dan juga kacang-kacangan. Selain itu sayuran hijau baik sebagai sumber zat besi untuk anak.
  2. Omega-3 dan omega-6. Nutrisi penting lainnya yang baik untuk otak anak yaitu omega-3 dan 6. Kedua jenis nutrisi ini merupakan asam lemak yang dalam bentuk lain sering juga disebut dengan DHA dan AA. Untuk bisa mendapatkan nutrisi ini terutama anak yang dibawah usia tiga tahun bisa diberikan dengan makanan atau minuman tinggi omega 3, 6 dan DHA seperti dengan susu terbaik Nutricia. Selain itu berbagai jenis makanan lainnya yang mengandung nutrisi ini juga bisa diberikan mulai dari beragam jenis ikan berminyak seperti salmon, sarden, dan makarel. Jenis makanan lainnya yang juga mengandung asupan lemak omega 6 seperti kacang mete, almond, kedelai, dan yang lainnya. 
  3. Folat. Adanya folat berfungsi dalam membentuk DNA serta menguatkan sistem saraf pada otak terutama selama masa pertumbuhannya, selain itu folat juga bermanfaat dalam mencegah anemia. Folat sendiri merupakan bentuk alami dari vitamin B9 yang tidak bisa diproduksi oleh tubuh. Berbagai jenis makanan yang bisa menjadi sumber dari folat cukup banyak jenisnya seperti dari sayuran bayam, brokoli, tempe, biji-bijian, daging ayam, dan hati sapi. 
  4. Kolin. Nutrisi selanjutnya yang baik untuk otak anak yaitu kolin, kolin sendiri merupakan senyawa kimia larut air yang memiliki fungsi hampir mirirp dengan vitamin. Kolin juga dikenal sebagai mikronutrien yang berfungsi dalam menjalankan berbagai fungsi tubuh seperti pada otak. Dengan adanya kolin bisa membantu dalam produksi DNA dan meningkatkan sinyal saraf di otak. Konsumsi makanan yang mengandung kolin juga bermanfaat dalam meningkatkan daya ingat karena adanya asetilkolin yang diaktifkan dengan kolin sehingga membantu komunikasi antar saraf dan otot. Untuk sumber kolin terbaik sendiri bisa didapatkan dari telur.
  5. Vitamin B12. Terakhir yang bisa menjadi nutrisi otak anak yaitu dengan vitamin B12. Vitamin ini dibutuhkan tubuh terutama bagi anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Vitamin B12 berperan aktif sebagai nutrisi untuk perkembangan otak anak menjadi cerdas dan aktif. Selanjutnya untuk sumber vitamin B12 sendiri bisa didapatkan dari berbagai jenis makanan seperti sereal, keju cheddar, susu almond, susu kedelai, tempe dan telur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *